Selasa, 07 Agustus 2018

Desa Talang Baru Ginting

PROFIL DESA
A.    Sejarah Desa
Pada tahun 1957 Talang Ginting terbentuk menjadi sebuah desa berada diantara dua desa yang dilintasi sungai air besi, menurut beberapa tokoh masyarakat bahwa Desa Talang Ginting berawal dari seorang perantau yang berkebun dan menetap sehingga dengan berjalannya waktu penduduk bertambah dan tercetuslah ide membentuk sebuah desa yang dinamakan Talang Ginting. Talang artinya perkebunan masyarakat secara berkelompok sedangkan Ginting nama orang yang pertama membuka lahan diwilayah ini. Sejak tahun 1957 hingga 2016 Desa Talang Ginting sudah berganti kepala desa sebanyak 12 kali dengan masa bakti 6 tahun.
B.     Peta dan Kondisi Desa
Desa Talang Ginting terletak di dalam wilayah kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan :
·         Sebelah utara berbatasan dengan wilayah Desa Taba Baru Kecamatan Lais
·         Sebelah timur berbatasan dengan wilayah Desa Talang Baru Ginting Kecamatan Air Besi
·         Sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Desa Talang Pungguk Kecamatan Air Besi
·         Sebelah barat berbatasan dengan wilayah Desa Kertapati Kecamatan Air Besi
Luas wilayah Talang Ginting adalah 2500Ha di mana sekitar 75% berupa daratan dengan bertopografi berbukit-bukit/ bergelombang sekitar 15% berupa daratan dan sisanya area persawahan (sawah rawa) yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian persawahan tadah hujan, dan ladang/ tanjung. Iklim Desa Talang Ginting sebagai mana desa desa lain diwilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan hujan hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam pada lahan pertanian.
C.    Keadaan Sosial
Penduduk Desa Talang Ginting berasal dari suku yang mayoritas suku rejang meskipun dalam tahun kebelakang banyak pendatang dan menetap didaerah ini, sehingga tradisi untuk musyawarah, gotong royong, kearifan lokal yang lain sudah dilakukan oleh masyarakat Desa Talang Ginting dan hal tersebut secara efektif dapat menghindari adanya benturan-benturan antar kelompok masyarakat.
Desa Talang Ginting memiliki jumlah penduduk 143 KK dan 498 jiwa pada tahun 2016 yang terdiri dari laki-laki : 255 jiwa, Perempuan 243 jiwa yang terbagi dalam dua wilayah dusun dan masin-masing dusun tidak ada pembagian wilayah secara khusus jadi disetiap dusun mempunyai wilayah pertanian dan perkebunan, sementara pusat desa berada didusun satu dengan setiap dusun dipimpin oleh seorang kepala dusun.
D.    Keadaan Ekonomi
Kondisi ekonomi masyarakat       Desa Talang Ginting secara kasat mata jelas terlihat perbedaannya dimana rumah tangga yang berkategori sangat miskin, miskin, sedang, kaya. Hal ini disebabkan karna mata pencariannya disektor usaha yang berbeda. Sebagian besar disektor non formal seperti buruh bangunan, buruh tani, petani sawah tadah hujan, perkebunan karet, perkebunan sawit dan sebagian kecil disektor formal seperti, PNS Pemda, honorer, guru dan tenaga medis dll







Tabel 1.1
Sumber Penghasilan Utama Penduduk
Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu
No
Sumber Penghasilan Utama Penduduk
Jiwa
1
Petani dan perkebunan
± 230 jiwa
2
Buruh harian/ buruh lepas
± 20 jiwa
3
Pedagang kesil/ eceran
± 5 jiwa
Total Luas
± 255 jiwa
                         Sumber : Profil Desa Talang ginting
Tabel 1.2
Jumlah Penduduk
No
Penduduk dan Keluarga
Jumlah
1
Jumlah Penduduk Laki – Laki
498 Jiwa
2
Jumlah Penduduk Perempuan
255 Jiwa
3
Jumlah Keluarga
143 kk

Tabel 1.3
Tenaga Kerja Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan
Tdk Sekolah
SD
SLTP
SLTA
Sarjana
45 orang
32 orang
35 Orang
35 Orang
5 Orang

Tabel 1.4
Kepemilikkan Ternak
Ayam
Kambing
Sapi
435 Ekor
40 Ekor
-






Tabel 1.6
Sarana dan Prasarana Desa
No
Sarana/Prasarana
Jumlah/Volume
1.       
Kantor Desa
1 Unit
2.       
Postu
1 Unit
3.       
Gedung Paud
2 Unit
4.       
Jembatan Gantung
24 m
5.       
Jalan gang Desa
300 m
6.       
Masjid
1 Unit
7.       
Balai Desa
1 Unit
8.       
WC umum
3 Unit
9.       
SDN 129 Bengkulu Utara
1 Unit
10.   
Tempat Pemakaman Umum (TPU)
1 Lokasi
11.   
Sungai
2000 m
12.   
Jalan Tanah
2000 m
13.   
Jalan Koral
1500 m
14.   
Jalan Desa
2000 m

E.     Dinamika Konflik
Konflik dalam masyarakat desa talang ginting merupakan konflik yang dinamis, sehingga memberikan warna tersndiri dalam lingkungan kelembagaan, seiring dengan kecanggihan informasi dan komikasi saat ini akan berpengaruh dengan tingkat pemikiran masyarakat sehingga konflik akan menjadi sebuah kepentingan politik yang sangat mudah ditunggangi oleh kalangan elit politik.
F.     Masalah dan Potensi
Berdasarkan Musyawarah dan penjaringan potensi yang dilakukan disetiap dusun dalam proses pengkajian keadaan desa atau PKD dalam pelaksanaan dana desa dan alokasi dana desa di Talang Ginting didapati potensi desa sebagai berikut :
1.      Penyelengaraan pemerintahan
2.      Pembangunan desa
3.      Pembinaan kemasyarakan
4.      Pemberdayaan masyarakat
G.    Kelembagaan Desa Talang Ginting



1.       Desa
2.      Karang Taruna
3.      Risma
4.      BPD
5.      Agama
6.      KPMD
7.      PKK
8.      ADAT
9.      PEMDES
10.  KADUN
11.  Sarapal Anak
12.  Kelompok Tani







Data di atas di dapatkan dari blog https://desatalangginting.blogspot.com/2017/08/profile-desa-talang-ginting.html?showComment=1533636224590#c3337822252773138806

Tidak ada komentar:

Posting Komentar